Twitter menambahkan lebih banyak label ‘yang didanai pemerintah’ ke outlet berita global

Twitter meluncurkan lebih banyak label “media yang didanai pemerintah” di akun outlet berita internasional. Ini termasuk Perusahaan Penyiaran Australia (ABC Australia), Layanan Penyiaran Khusus Australia (SBS), penyiar publik Selandia Baru RNZ, SR Ekot dan SVT Swedia, dan TV3.cat Catalonia.

“Selama lebih dari 90 tahun ABC selalu dan tetap menjadi organisasi media independen, bebas dari kepentingan politik dan komersial,” tulis ABC di Twitter menanggapi perubahan tersebut.

Sementara itu, perwakilan dari SBS khawatir label tersebut dapat membuat pengguna Twitter percaya bahwa outlet tersebut secara editorial dikendalikan oleh pemerintah, padahal sebenarnya tidak demikian.

“Sementara kami menghargai motivasi Twitter sehubungan dengan transparansi pada platformnya, kami yakin label ‘Media yang didanai publik’ lebih mencerminkan sifat komersial-publik campuran dari model pendanaan kami dan fakta bahwa SBS mempertahankan independensi penuh dari Pemerintah dalam editorial berita kami. dan pengambilan keputusan konten, ”kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan.

Twitter memberi BBC label “didanai publik”, yang tampaknya tidak terlalu menyesatkan daripada “didanai pemerintah”. Namun Twitter masih menerapkan label “didanai pemerintah” untuk NPR, sebuah jaringan yang menerima 1% pendanaannya dari pemerintah AS (dan pada awalnya, Twitter memberi label NPR sebagai “berafiliasi dengan negara”, sebutan yang disediakan untuk publikasi seperti RT Rusia) . NPR telah meninggalkan Twitter sebagai hasilnya.

“Pada titik ini saya telah kehilangan kepercayaan pada pengambilan keputusan di Twitter,” kata CEO NPR John Lansing kepada reporter NPR. “Saya perlu waktu untuk memahami apakah Twitter dapat dipercaya kembali.”